The Dragging Boyfriend

Cewe pada umumnya punya 1001 alasan buat mutusin cowo, baik alasan yang valid maupun alasan yang dikarang-karang dan dihalus-halusin biar gak gitu nyakitin. Alasan paling klise adalah “Aku merasa kamu terlalu baik buat aku” dan alasan paling jujur adalah “Aku sebenernya bosen sama kamu”.

Kalo ditanya jujur, kadang emang susah banget mau ngomong blak-blakan alasan cewe mutusin cowo karena bingung aja gitu gimana nyusun kalimatnya, terutama kalo alasannya sedangkal rasa bosen, rasa malu, rasa gak sayang sayang amat, dan rasa kere (ahem). Gak enak hati gitu loh.

Tapi, di luar alasan-alasan dangkal yang tadi gue sebutin, ada juga alasan putus yang bener-bener real, dalem dan udah dipikirin baik-baik. Salah satunya adalah sindrom “The Dragging Boyfriend”.

Kasus ini biasanya dialami sama cewe-cewe dominan kayak gue. Cewe dominan disini maksudnya bukan cewe kepala batu ngotot ngambekan serba semaunya sendiri yaa, bukaaann.. Cewe dominan adalah cewe independen yang mampu ambil keputusan sendiri, mampu kerja dan menghasilkan sendiri, mampu mengatur dan mengerjakan banyak hal sendiri, mampu beropini dan berdebat pake otak, dan secara general gak menggantungkan dirinya sama orang lain.

Nah, at some point in her life, cewe dominan pasti pernah ketemu sama cowo yang dari luar kayaknya oke, tapi ternyata punya kemampuan lebih payah daripada si cewe. Kalo cowo ini mau berjuang dan memajukan dirinya sendiri untuk ngejar ketinggalannya, itu bagus, tapi ada beberapa cowo yang arah hidupnya aja bingung mau kemana, males untuk improve diri sendiri, dan ujung-ujungnya cuman ngandelin cewenya untuk melakukan banyak hal. Istilah kasarnya, jadi beban.

Pacaran sama tipe cowo yang begini, bakalan kerasa kayak dragging piles and piles of bricks. This will put a strain on the relationship karena hubungannya gak akan bisa maju ke depan. Yang cewe narikin beban sendirian dan rasanya kayak buang tenaga jalan di tempat narikin lemari kayu jati yang gak bisa jalan sendiri. Awalnya sih mungkin si cewe gak ngeh, tapi begitu rasa capeknya makin berat, si cewe bakal sadar kalo selama ini dia lagi narikin seseorang yang punya kaki tangan lengkap tapi gak mau jalan sendiri.

Oke, contoh kasus!

Gue pernah punya pacar yang hidupnya gak tau mau dibawa kemana. Mimpi dia banyak, cita-cita dia segudang, tapi tiap hari gak keliatan ada progress mengejar mimpi. Cuman gede di ngomong doang.

Kalo mau ujian, gue yang ngajarin. Hari ini belajar, besok amnesia. Urusan general knowledge jangan ditanya, gue yang harus jelasin dia hal-hal kayak sinyal mobile data handphone, jenis makanan dari negara lain, apa itu portfolio, bahkan waktu barang dia ada yang ilang, gue juga yang ngomong sama satpam apartemen. Orangnya gak bisa manage duit dan waktu samasekali. Oya satu lagi yang bikin pusing, bahasa Inggris doi jebol.

Lho kok gue bisa tertarik? Awalnya mah serba have fun, gak mikirin kesono sampe problem itu muncul. Cowo ini gue akuin orangnya lumayan tulus, enak diajak ngobrol santai, buang duit buat cewe gak pernah pelit, dan jago banget party dan minum. Cewe khilaf mana yang gak kepincut?

Setelah gue pacaran, sayang gak? Yaa sayang lah! Tapi rasa sayang gue gak bisa menghapus rasa capek gue. I feel like I am doing most of the work in that relationship. I feel like I am not getting anywhere. I feel like I am settling for less than I can do by myself and for myself. I feel like I am dating someone inferior. I feel like I am dragging someone who refuses to make something out of himself. I feel like I have to be super all the time because he cannot take charge and be a man.

Padahal ya, cewe dominan itu dalam hati kecilnya sama aja kayak cewe-cewe pada umumnya. Kita udah capek kuliah, capek kerja, capek urusin urusan keluarga, jadi cuman pengen punya seseorang dimana kita bisa let loose and feel comfortable. Pengennya tuh ada orang yang bisa gantiin kita sesekali jadi kita gak perlu on standby terus.

Jadi, begitu pacaran sama yang model begini, gue rasanya semakin capek dan worn out. Lama kelamaan gue jadi eneg ngeliatin dia gak becus ngapa-ngapain. Dan semakin negatif persepsi gue tentang dia, semakin gak becus lah dia di mata gue. Hubungan gue sama dia juga semakin gak sehat. Waktu dia minta gue ngelakuin sesuatu atau protes tentang sesuatu, reaksi gue langsung nyolot, “Kamu kerjain aja sendiri kalo bisa.” Padahal mungkin yang dia komentarin ada benernya, cuman guenya aja uda keburu sensi.

And then gue tersadar. Ini dia yang namanya The Dragging Boyfriend. Karena dia masih blom tau hidup dia mau kayak gimana, kerjaan dia gak jelas, dan emang orangnya dari sononya males belajar dan cari tau sendiri (doi bahkan gak mau google sendiri kalo ada apa-apa, maunya di-google-in!), alhasil gue kayak single fighter berusaha narikin dia, dorongin dia, demi supaya knowledge, skill, dan kemampuan dia, plus relationship gue bisa maju.

Namun apa daya. So, gue bom dia dengan pertanyaan ala-ala interview: How do you see yourself in 5 years? Dan memang dia gak bisa jawab samasekali. Blank. That’s how I know I had to let go. Percuma.

Dari situ gue belajar, and I hope you guys won’t have to learn it the hard way like I did, bahwa di dalam sebuah relationship supaya langgeng, kedua belah pihak harus bisa bekerjasama. Dua-duanya sama-sama jalan menuju tujuan yang sama atau searah. Kalo gak bisa jalan ya lari, kalo gak bisa lari gak bisa jalan ya merangkak deh, pokoknya kedua belah pihak harus sama-sama mengeluarkan effort yang seimbang baru deh hubungannya bisa balanced dan sehat. Gak bisa cuman ngandelin satu orang untuk mengerjakan semua hal in a relationship.

So, girls, kalo kalian merasa kalian cukup dominan dan cowo kalian agak menye, coba dipikirin baik-baik. Is he working to better himself? Is he actually working on his part in the relationship? Kalo iya, syukurlah!

And menye boys, please, get yourself together! Jangan mager!

2 thoughts on “The Dragging Boyfriend

Leave a Reply

